Kamis, 11 Oktober 2012

New Media


Konsep dasar new media dan contoh aplikasi new media
            Pada zaman komputerisasi seperti saat ini, tentunya kita tidak dapat terpisahkan dari kemajuan teknologi yang semakin canggih. Kemajuan teknologi berjalan begitu cepat sehingga ditemukannya berbagai macam teknologi terbaru.Media yang digunakan di teknologi informasi ini tentunya sangat beragam dan mencakup segala aspek kebutuhan manusia akan informasi itu sendiri. Perkembangan media – media yang digunakan tersebut, merupakan inspirasi dari terbentuknya suatu media baru.

1.      Definisi new media
New Media adalah media yang didalamnya terdiri dari gabungan berbagai elemen. Itu artinya terdapat konvergensi media di dalamnya, dimana beberapa media dijadikan satu, itu baru disebut new media. Contohnya : Seperti QuickTime movies, suara yang dimasukkan secara terpisah dan berjalan selama film berjalan. Karena tiap-tiap elemen memiliki independensi masing-masing, maka masing-masing dapat dimodifikasi / di-edit kapanpun.
New Media adalah media dapat mengoperasikan sifat otomatis dalam berbagai perangkatnya. Contohnya: Program edit gambar seperti Photoshop dapat dengan otomatis memperbaiki gambar hasil scan, membersihkan gambar dan meningkatkan kontras gambar.

2.      Pandangan mengenai new media

Pada awal abad ke 19, terdapat berbagai pandangan yang menjadi tolak ukur dari berbagai pemikiran-pemikiran yang dapat menjadi perubahan di bidang industry. Setelah berbagai pandangan modern telah muncul, maka terdapat juga perubahan yang sangat besar dalam bidang media. Media dan teknologi yang digunakan akan semakin bertambah seiring dengan perubahan zaman dan berbagai pemikiran yang bersifat modern. Dan para ilmuan pada masa itu sangat percaya bahwa berbagai pemikiran itu akan membawa transformasi manusia menjadi lebih baik lagi.  Sebagai contoh perkembangan new media adalah computer. Dulu computer berukuran besar dan hanya sebagai analog sekarang sudah berfungsi lebih baik bahkan sekarang sudah ada laptop yang bisa dibawa jika berpergian.


            Menurut pandangan saya sebagai pengguna New Media adalah New Media merupakan sarana baru yang dapat meningkatkan interaksi sosial antara manusia dengan manusia lainnya dengan menggunakan alat digital, misalkan Smart Phone . Saya sebagai pengguna Smart Phone dapat mengambil keuntungan lebih disbanding menggunaka Ponsel biasa, dengan Smart Phone kita dapat lebih luas mengetahui berbagai informasi baru yang ada diluar sana. Smart Phone memudahkan kita mendapatkan sesuatu informasi maupun juga dalam memberikan sebuah informasi yang baru dan real kepada khalayak masyarakat sekitar. Saya juga sebaggai pengguna Blog merasakan banyak manfaat yang di dapat dari New Media, dengan Blog kita dapat bertukar informasi seputar masalah yang kita ingin tahu dan masalah yang belum kita tahu. Jadi dengan New Media kita tidak dibatasi dalam mengetahui sebuah informasi baru tentang perkembangan teknologi, dan masalah lainnya. 


3.      Manfaat new media

Bidang Pendidikan.

            Dengan adanya EBOOK,sangat memudahkan mahasiswa untuk belajar dan mencari materi serta lebih praktis.Jadi mahasiswa bisa belajar dimana saja asalkan ada sambungan dengan internet.Dengan adanya media internet ini,mahsiswa dapat menghemat uang sakunya,karna tidak di wajibkan lagi membeli buku.Sekarang di tempat-tempat makan cepat saji sudah banyak menyediakan akses internet secara gratis.Jadi mahasiswa dan kalangan umum lainnya bisa belajar sambi menikmati hidangan makanan mereka.

Bidang Pencarian Kerja

            Memudahkan seseorang untuk mengetahui lowongan pekerjaan disuatu tempat.Seseorang tidak perlu lagi repot-repot membeli koran tiap pagi,dengan membuka akses internet,dan mencari nya di mesin pencari,maka akan keluar lowongan pekerjaan apa yang akan dicari.

Bidang Silaturahmi

            Dengan hadirnya facebook,twitter,yahoo,my space sangat membantu untuk berinteraksi    dengan seseorang. Sebagai media komunikasi yang sangat mudah,murah dan efisien. Kita dapat berkomunikasi dengan sanak saudara yang jauh tanpa harus bertatap muka langsung karena akan memakan biaya yang cukup banyak tentunya. Tetapi dengan video conference biaya tersebut bisa lebih diminimalisir.

• Bidang Jual Beli

            Bidang ini juga adalah bidang yang bayak di akses orang, karena pembeli dan penjual sama-sama enak,sebagai contoh adalah pembeli yang mempunyai sifat malas untuk datang ke tempat yang menjual barang yang di inginkan  dapat mengakses website tempat yang memiliki barang yang di inginkan .

      4.Komponen new media
   
      Komponen new media yaitu handphone dan laptop




5.      Aplikasi new media
Seiring dengan perkembangan zaman,aplikasi new media bertambah banyak dan  bertambah pesat. Diantaranya adalah facebook,youtube,twitter,google,kaskus.

1.      Facebook
     Kata-kata ini sudah tidak asing ditelinga kita,dari anak-anak hingga orang dewasa berlomba-lomba membuat akun ini dan memperluas jaringan pertemanan. Disatu sisi,lewat jejaring ini kita bisa berbagi foto dan video.
       Facebook merupakan jejaring sosial yang paling banyak di gunakan oleh masyarakat dunia saat ini. kita dapat membuat profil dilengkapi dengan foto serta kita juga dapat berteman dengan teman – teman dari seluruh dunia. dibuat oleh Mark Zuckerberg yang pada awalnya hanya untuk sebuah project di kampusnya agar dapat berkomunikasi dan bertukar profile dengan teman – teman sekampusnya. dengan perkembangannya kini facebook telah menjadi situs jejaring sosial yang paling banyak di gunakan oleh masyarakat dunia.




            Kelebihan facebook :
  • Media komunikasi yang mudah, cepat, dan menyenangkan.
  • Banyak memiliki banyak fitur permainan yang dapat dimainkan dengan teman.
  • Banyak fitur yang tersedia, di antaranya : chat, video call, upload foto / video, mengirim file dll.
  • Membantu kita untuk mendapatkan teman.
  • Bagi yang mempunyai bisnis facebook dapat digunakan sebagai media promosi atau iklan.
  • Kalau kita mempunyai saudara jauh situs ini bisa membantu kita untuk berkomunikasi dengan saudara jauh.
  • Bisa memberikan informasi yang tidak kita ketahui kepada kita.


Kekurangan facebook :

  • Dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, karena siapapun dapat membuat akun facebook sehingga 1 orang dapat memiliki 2 akun atau lebih.
  • Bisa membuat para pelajar menjadi malas untuk belajar.
  • Memberikan kesempatan bagi para orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan berbagai tindakan kejahatan.
  • Dipakai sebagai sarana pelecehan dan pencemaran nama baik.
  • Membuat kita menjadi boros karena kita membeli pulsa dan kewarnet terus.

2.      Youtube
Sebuah media yang sering kita gunakan,entah itu untuk mengupload video atau pun menonton video tersebut.

1.     Kelebihan Youtobe
a. Memberikan informasi yang ada di dunia dengan melihat videonya
b. Memberikan ilmu pengetahuan apa yang belum kita pelajari di kehidupan sehari hari maupun dalam sekolah kita dengan melihat videonya
c. Memberikan hiburan untuk kita yang lagi BT, lagi gak mumet dan apa lah…
d. Memudahkan kita untuk mencari informasi yang terbaru yang ada di dunia ini


2.    Kekurangan Youtobe
a. Jika kita ingin melihat dari isi semua video yang ada di youtobe itu tanpa mendownloadnya dan jaringan kita lagi lemotnya minta ampun maka gambarnya akan terputus-putus oleh karena itu kenyaman kita akan terganggu

b. Youtobe adalah jejaring di dunia maya yang begitu bebas untuk dilihat, baik isinya yang berupa pornografi maupun kejadian aneh yang belum pantas dilihat oleh anak dibawah umur. Oleh karena itu hal tersebut memperburuk keadaan moral anak dibawah umur sekarang. Bagi saya hal ini bukan hanya kekurangan dari youtobe saja tetapi jejaring dunia maya yang lain juga

c. Setiap kita melihat video youtobe itu sendiri pasti kita ingin mendownloadnya dan bebas melihatnya tanpa dikenakan biaya online. Nah, sudah senang kita selesai mendownloadnya, gak taunya format dari video itu tidak ada di dalam komputer kita jadi gak bisa kita menontonnya. Kekurangan ini menurut saya perlu diperbaiki oleh pihak youtobe agar formatnya yang ada dalam youtobe itu sendiri sudah ada di komputer umum lainnya


3.    Twitter


            Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.
            Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.
Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai “SMS dari internet”.
Kelebihan Twitter :


- Akses cepat dan murah
- Bersifat global
- Kemudahan dalam update status
- Banyak penggunanya, semua kalangan dapat menjadi teman
- Dapat menjadi media curhat
- Menambah banyak teman
- Mendapatkan banyak info-info baru ter-update
- Dapat digunakan di banyak media dan gadget
- Situs jejaring yang interaktif dengan pengguna lainnya


Kekurangan Twitter :

- Status yang ditulis dapat dilihat oleh siapa saja (kurangnya system privasi)
- Sedikit fitur yang dapat digunakan
- Tidak tersedia nya photo album untuk upload foto-foto pribadi
- Termasuk sulit dalam penggunaannya
- Dibatasi 140 karakter per update
- Lebih menekankan pada perhitungan follower dan update status
- Mudah disalahgunakan dalam spam message
- Tidak ada layanan yang dapat digunakan untuk bisnis dengan jelas


4.Google





    Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 4 September 1998. Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 miliar, menjadikannya bernilai $23 miliar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video. Google merupakan suatu perusahaan yang berhasil mengembangkan dan menciptakan berbagai new media seperti halnya search engine,google chrome,google earth,dll.

5.Kaskus



          Kaskus adalah situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 Indonesia dan penggunanya disebut dengan Kaskuser. Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan, yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Situs ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Kaskus memiliki lebih dari 3,4 juta pengguna terdaftar. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun di luar Indonesia.
            Kaskus, yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk,  bermula dari sekedar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 900 ribu orang, dengan jumlah page view melebihi 15.000.000 setiap harinya.Hingga bulan September 2011, Kaskus sudah mempunyai lebih dari 416 juta posting.
Menurut Alexa.com, pada bulan September 2011 Kaskus berada di peringkat 251 dunia dan menduduki peringkat 7 situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.





 SUMBER:






Tidak ada komentar:

Posting Komentar